Profil David Karp Pemilik Tumblr yang Bakal Kaya Mendadak

Bookmark and Share
Layanan blogging Tumblr sedang menjadi komoditi panas media teknologi sejak akhir pekan lalu.
Penyebabnya karena Tumblr sedang dibidik Yahoo dengan angka fantastis.

Seperti diketahui, dewan direksi Yahoo dikabarkan setuju untuk menggelontorkan dana USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 10 triliun untuk mengakuisisi Tumblr.

Akuisisi baru ini tentu saja menghebohkan, bukan karena nilai uang yang ditawarkan, namun Yahoo juga dikabarkan setuju untuk membayarnya secaracash atau tunai!

Bila setuju, startup ini akan masuk ke klub startup kecil yang dibeli mahal, menyusul Instagram yang diakuisisi oleh Facebook dengan nilai USD 1 miliar.

Tumblr memang kondang di internet, tapi mungkin tidak dengan David Karp. Padahal Karp adalah pendiri layanan blogging ini.

Usianya masih muda tapi jalannya terbuka lebar untuk menjadi miliarder baru. Seperti apakah sepak terjang Karp sebelum dan saat menggarap Tumblr.

Simak perjalanannya yang detikINET kutip dari berbagai sumber, Senin (20/5/2013).

1. Mengungsi ke Jepang

Kecintaannya terhadap dunia teknologi memang sudah terlihat saat Karp kecil. Bahkan di usia 17 tahun, Karp memutuskan untuk hijrah ke Jepang.

Bukan tanpa alasan, dia ke Negeri Sakura itu untuk melakukan dua hal, menyendiri dan memperdalam ilmu komputernya.

"Saya bersembunyi di tengah-tengah dunia ini di mana itu hanya ada saya dan internet," kenang Karp.

2. Sejak Kecil Ingin Menjadi Pengusaha

Dalam beberapa minggu di Jepang, ia terus mengasah keterampilan komputer. Sedari kecil memang menancapkan cita-citanya menjadi seorang pengusaha.

Ada satu cerita lucu yang terjadi saat dia berhasil menciptakan semacam robot. Dia ingin menawarkan robot itu ke perusahaan besar, karena yakni itu berpotensi.

Tapi masalahnya satu, usianya yang masih remaja membuat suaranya terdengar seperti anak-anak. Dia sempat minder untuk menawarkan hasil karyanya itu dengan suaranya tersebut.

"Saya sangat konyol saat itu. Saya mencoba untuk menjadi bersikap sangat formal dan berbicara dengan suara berat kepada klien melalui telepon sehingga aku tidak perlu menemui mereka dan menujukkan betapa mudanya saya," katanya.

"Saya berbohong tentang usia saya, aku berbohong tentang pengalaman saya. Aku begitu sangat malu tentang hal itu begitu lama," katanya

3. Merintis Tumblr

Tahun 2007, saat itu usianya baru menginjak 21 tahun. Di tengah kamarnya apartemen ibunya di New York itulah dia menemukan ide tentang layanan Tumblr.

David Krap berhasil menangkap peluang saat itu dimana Twitter, YouTube dan Wordpress siap meledak di jagat maya.

Ide dari Tumblr sendiri cukup sederhana, menggabungkan gambar, foto dan pesan dalam satu tempat online. Tidak butuh lama, Tumblr meraih sukses besar.

Pendorong utama Tumblr adalah kedekatan Tumblr dengan blogger. Selain itu nama besar seperti Lady Gaga dan Barack Obama turut memberikan kontribusi yang membuat Tumblr menggurita.

4. Pernah Ditawar Pendiri Virgin

Kesuksesan Tumblr tak semata-mata karena Obama atau Lady Gaga yang ikut menggunakan layanan ini.Tapi didorong juga karena kreatifitas penggunanya.

Kreativitas ditemukan dalam sebagian besar penggunanya dari kalangan mulai dari Fotografer, desainer dan musisi. Dan 85% dari pengguna Tumblr rata-rata mengirim lebih dari 20 kali postingan sebulan.

Tumblr memikat tak hanya saat ini, karena hanya dalam waktu singkat saja Karp dan Tumblr mampu memikat banyak investor, termasuk di antaranya datang dari pendiri Virgin Sir Ricahard Barnson.

Namun saat itu nilai dari Tumblr sudah ditaksir sebesar USD 800 juta ditepis oleh Krap. Baginya dia tidak ingin menjual layanannya tersebut hanya demi uang.

5. Tawaran Menggiurkan Yahoo


Tahun 2013 ini mungkin menjadi tahunnya Tumblr. Karena seperti diketahui, Yahoo berencana untuk mengakuisisi layanan milik Karp ini.

Karena dewan direksi Yahoo yang melakukan pertemuan akhir pekan lalu, setuju untuk menggelontorkan dana sebesar USD 1,1 miliar untuk membeli Tumblr.

Yahoo diperkirakan bakal mengadakan sebuah acara di New York pada Senin waktu setempat untuk mengumumkan berita tersebut.

Kesepakatan itu menandai langkah besar bagi CEO Yahoo Marissa Mayer, setelah mengambil posisi tertinggi di Yahoo musim panas lalu.

Bila lancar ini akan memungkinkan mesin pencari Yahoo mengalami penyegaran dan semakin aktif di basis pengguna jaringan sosial.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar