Makanan buat Ibu Hamil Muda

Bookmark and Share
Makanan buat ibu hamil muda sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diperlukan untuk perkembangan bayi saat hamil. Seorang calon ibu muda mestinya membutuhkan tenaga 2 kali lipat dari pada sebelumnya sebab kini anda harus beraktivitas dengan mengandung anak anda.

Makanan buat Ibu Hamil Muda
Makanan buat Ibu Hamil Muda

 Kebutuhan Makanan Buat Ibu Hamil

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus lebih melihat asupan gizi yang dikandungnya. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan kalori 300 – 400 kkal lebih besar setiap harinya dari pada sebelumnya hari-hari sebelum hamil. Tambahan kalori tersebut tentunya diperoleh dari makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Banyak produk susu ibu hamul dan balita yang mengutamakan kandungan asam folat pada produknya. Hal tersebut disebabkan karena asam folat berguna dalam pembentukakn sistem syaraf dan sel-sel dalam tubuh sehingga bagus untuk mereka yang ingin cepat hamil. Pada 3 bulan pertama anda memerlukan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan saat bayi lahir.

Kelainan tersebut seperti anenchephaly (tanpa batok kepala), spina bifida (tulang belakang tidak tersambung) dan bibir sumbing. Asupan akan asam folat ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi beras merah, sayuran hijau dan buah-buahan.

Protein tak kalah pentingnya untuk pembentukan sel dan darah. Ibu hamil membutuhkan 60 gram protein setiap harinya. Protein bisa didapatkan dari daging, ikan, putih telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe. Untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, kontrasi otot dan syaraf, kalsium dibutuhkan setidaknya 1000 mg setiap hari.

Vitamin A berguna untuk memelihara kulit, fungsi mata dan pertumbuhan tulang tentunya dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebih. Zat besi berguna dalam pembentukan darah yang apabila kekurangan zat ini dapat menimbulkan gejala anemia yang berbahaya bagi bayi dan bunda.

Selain vitamin A, vitamin C juga dibutuhkan dalam penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin D juga berperan dalam pembentukan tulang. Kolin, omega 3 dan 6 juga zat yang perlu ada pada makanan buat ibu hamil muda agar tidak ada gangguan pada pembentukan organ janin.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar