Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

Bookmark and Share
Pantangan makanan ibu hamil muda memang cukup banyak. Hampir kebanyakan dari makanan yang buruk untuk kehamilan adalah makanan yang murah dan dapat anda peroleh dengan mudah. Makanan-makanan tersebut banyak dijajakan di pinggir jalan sehingga kebersihannya kurang terjamin.

Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda
Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda
Berbagai Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda

Jika anda pernah mendengar bahwa minum es dan sambal buruk untuk kehamilan itu tidak benar sepenuhnya. Anda tetap boleh mengkonsumsinya, namun dalam porsi yang cukup sebab makanan pedas yang dikonsumsi terlalu banyak bisa bisa membuat anda diare. Dari minum es yang berbahaya adalah penggunaan gula yang banyak.

Jajanan seperti bakso, siomay, mie ayam dan sejenisnya adalah makanan yang menggunakan MSG dan bahan pengawet sehingga bukan makanan bagi ibu hamil muda. Memang belum tentu semua penjual makanan tersebut menggunakan pengawet atau MSG namun kemungkinan keduanya untuk digunakan masih besar. Makanlah dari tempat yang sudah jelas kebersihan dan kehegienisan bahan yang digunakan.

Makanan yang diolah setengah matang atau bahkan tidak matang dapat berbahaya bagi kandungan. Parasit yang tertinggal pada masakan yang belum matang dapat berbahaya bagi janin. Parasit yang termakan dapat mengganggu perkembangan bayi dan membuatnya lahir dalam kondisi yang tidak sempurna.

Makanan dalam kemasan seperti sosis,kornet dan nugget biasanya menggunakan bahan pengawet yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Bahan pengawet juga menghambat pertumbuhan saraf-saraf otak janin.

Minuman ringan seperti minuman soda dan lainnya juga dikhawatirkan menggunakan bahan pengawet untuk membuatnya bertahan lama. Akan lebih baik jika anda mengurangi konsumsi minuman dalam kemasan dan memilih minum susu dan jus yang tidak tahan lama.

Mie instan dan cemilan juga banyak menggunakan MSG. MSG dapat menimbulkan gejala pusing, jantung berdebar-debar dan sesak napas ketika dikonsumsi terlalu banyak. Efek samping jangka panjang jika anda terus mengkonsumsinya adalah kerusakan saraf janin sebelum ataupun sesudah ia lahir.

Pantangan makanan ibu hamil muda di atas harusnya lebih dihindari demi kesehatan ibu dan bayi. Mungkin akan sulit membiasakan tidak mengkonsumsi makanan di atas, tapi demi anak yang anda kandung anda perlu berkorban.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar